Kenapa bulu kucing rontok

Kenapa bulu kucing rontok
Share
Share on Facebook1Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on Tumblr0Share on LinkedIn0Share on StumbleUpon1Print this page

Ketika terbesit pertanyaan kenapa bulu kucing rontok maka kamu akan menemukan beberapa faktor yang mungkin sebelumnya kamu belum tahu. Meskipun kerontokan bulu kucing terlihat normal, namun jika ini berlangsung dalam jangka waktu panjang maka tentu saja ini akan berdampak buruk bagi kucing kamu. Konsultasi ke dokter hewan memang menjadi solusi paling aman. Namun, alangkah baiknya juga jika kamu mengetahui apa sebab bulu kucing kamu mengalami kerontokan.

Menurut situs proplan.co.id setidaknya ada dua faktor penyebabnya 2 yaitu, kerontokan karena reaksi fisik dari kucing itu sendiri, dan kerontokan karena faktor dari luar.

Faktor dari dalam yaitu :

  • Alergi Kutu: Umumnya kucing alergi pada air ludah dari kutu yang menggigit
  • Alergi Makanan: Alergi pada protein seperti ikan, sapi, dan ayam
  • Ringworm: Infeksi jamur
  • Feline Acquired Symmetrical Alopecia: Kelainan hormon pada kucing membuat bulu rontok
  • Abscess: Gigitan kucing lain akan menyebabkan nanah dan merangsang kerontokan bulu

Faktor dari luar yaitu :

  • Terbakar sinar matahari terlalu lama
  • Stress : Biasanya dipicu karena terlalu sering disisir (grooming), baru dioperasi atau rasa tidak nyaman disebabkan kehadiran orang / hewan baru di rumah. Cek juga kebersihan rumah, mangkuk makanan, hingga litter box-nya.
  • ​Alergi Pernafasan: Kucing bisa alergi kalau sering menghirup asap rokok.
  • Reaksi Obat – obatan: Kalau mengonsumsi obat yang tidak cocok.
  • Psychogenic: Kucing yang overly-groomed bisa menjadi stress & menjilat bulunya sampai rontok

Dari banyak faktor kenapa bulu kucing rontok di atas, yang paling sering memunculnya gejala Alopecia adalah alergi makanan. Dokter akan melakukan Trial Eliminasi Makanan untuk menguji apa kucingmu kena alergi makanan.

Baca juga cara mengobati kucing korengan

Jika kerontokan berlangsung lama dan mulai mengkhawatirkan, segera bawa kucing kamu ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan intensif dan obat-obatan yang tepat. Biasanya, dokter hewan akan menyuntikan obat yang dapat menyembuhkan kerontokan tersebut. Nah, jadi meski terlihat sepele tapi jangan pernah membiarkan kucing kamu dalam kondisi seperti ini, segera ambil tindakan untuk menyembuhkan penyakit bulu kucing rontok. Demikian, semoga artikel ini dapat membantu cat lovers!.

Facebook Comments
cindar

Cindar merupakan seorang pecinta kucing sekaligus peternak kucing ras dan domestik, cat is a good friend.