data-ad-slot="5264608092"> ->
data-ad-slot="5264608092"> ->
Loading Posts...

Kucing Persia dan perawatannya

bersihkan mata kucing
bersihkan mata kucing

Kucing Persia memiliki karakter tersendiri yang membedakan dengan kucing ras lainnya, wajah bulat dan moncong pendek menjadi ciri khas kucing yang mencomot nama dari negeri para Mullah. Meski namanya mengacu pada sebuah nama di Iran, namun kucing berhidung pesek ini pertama kali di kembangkan di Inggris dan Amerika pasca gejolak perang dunia II.

Di Inggris sendiri, kucing Persia terbagi ke dalam dua jenis, yakni chinchilla berwarna perak cerah dan gelap. Seiring dengan tingkat popularitas kucing ini, semakin banyak juga breeder yang mengembang biakkan kucing jenis ini. Tak ayal, kini begitu mudah kita jumpai kucing ras dengan berbagai corak warna yang beragam, hal tersebut juga membuat wajah kucing tersebut semakin datar yang di kemudian hari dapat mendatangkan masalah kesehatan. Umumnya, kucing jenis ini sangat rentan terhadap penyakit ginjal polikistik yang hampir melanda separuh populasi kucing Persia di beberapa negara.

Jenis-jenis kucing Persia

1. Kucing Flatnose

kucing persia flatnose

kucing persia flatnose

Kucing Flatnose meruapakan kucing dengan karakter hidung pesek, namun porsi peseknya tidak sepesek Persia peaknose. Flatnose memiliki tubuh yang gempal dan wajah bulat. Kucing Flatnose merupakan salah satu jenis kucing yang paling diburu oleh para cat lovers. Pasalnya, kucing jenis ini terbilang lincah, lucu dan menggemaskan. harga jualnya pun baik yang Ped dan non Ped masih relatif tinggi.

2. Kucing Persia Medium

kucing persia medium

kucing persia medium

Umumnya kucing Persia medium memiliki tubuh yang standar dengan kucing biasa pada umumnya. Kucing jenis ini juga memiliki bulu yang tergolong sedang-sedang saja, tidak pendek namun juga tidak terlalu panjang. Bahkan, hidungnya pun tidak terlalu pesek jika dibandingkan dengan kucing flatnose maupun peaknose. Sekilas, wajah kucing ini terlihat seperti kucing non ras, yang membedakan hanya ketebalan bulunya saja. Banyak juga yang menyebut bahwa kucing ini terlihat oriental.

3. Kucing Persia Peaknose

kucing persia peaknose

kucing persia peaknose

Siapa yang belum pernah dengar kucing Persia Peaknose? sepertinya kucing yang satu ini sudah tersohor di mana-mana. Banyak cat lovers yang memburu kucing jenis ini lantaran memiliki wajah datar ditambah hidung yang sangat pesek. Bahkan, kucing ini merupakan kucing terpesek diantara kucing ras lainnya. Hal lain yang menjadi ciri khas kucing Peaknose yakni tubuhnya yang cenderung lebih gempal dibanding kucing lainnya. Kucing Peaknose acap kali dilibatkan dalam festival kontes kucing di kancah mancanegara dan internasional.

4. Kucing Persia Himalaya

kucing persia himalaya

kucing persia himalaya

Persia Himalaya merupakan hasil perkawinan silang antara kucing Persia dan Siamse yang berasal dari negeri paman Sam, Amerika. Yang membedakan kucing jenis ini dengan lainnya yakni tubuh yang relatif bulat dan warna yang dimiliki kucing ini. Warna kucing Himalaya yang biasa kita jumpai adalah putih bercampur cokelat baik pada bagian wajah atau pun tubuhnya. Dari postur tubuh, kucing Himalaya cenderung lebih ramping dan terlihat menawan. Hal ini yang paling membedakan antara kucing Himalaya dengan Persia lainnya.

Setelah kita mengetahui tentang jenis-jenis kucing Persia, sekarang saatnya kamu mempelajari cara merawat kucing yang baik dan benar.

1. Sisir kucing Persia secara teratur

Sisir kucing

Sisir kucing

Kucing Persia memiliki bulu yang relatif panjang, dengan demikian perawatan terhadap bulunya pun mesti rutin dilakukan. Sisirlah bulu kucing kamu dengan sisir logam yang mengandung magnet sehari dua kali. Magnet yang terkandung dalam sisir tersebut berguna untuk mengangkat gumpalan bulu-bulu mati. Perawatan seperti ini cukup penting dilakukan untuk mencegah kerontokan pada bulu Persia.

2. Bersihkan bulu kucing dengan tisu bayi

bersihkan kucing

bersihkan kucing

Sebagai perawatan tambahan, kamu dapat menyeka bulu kucing dengan tisu bayi sewaktu-waktu. Tisu yang kamu usapkan pada bulu kucing akan menimbulkan efek harum pada sekujur tubuh kucing. Selain itu, tisu bayi juga tidak akan menyebabkan alergi.

3. Bersihkan area mata kucing Persia

bersihkan mata kucing

bersihkan mata kucing

Beberapa kucing Persia memiliki masalah pada bagian mata mereka. Biasanya, mata kucing yang bermasalah cenderung mengeluarkan air mata berlebih. Sebagai tahap antisipasi, gunakanlah tisu mata yang sesuai untuk membersihkan area mata. Selain itu, jangan lupa untuk turut membersihkan area hidung pada kucing agar tidak mengalami gangguan saluran pernafasan.

4. Beri makanan yang dikususkan untuk kucing

makanan kusus kucing

makanan kusus kucing

Makanan kucing dengan makanan hewan lain seperti anjing jelas berbeda. Kucing merupakan karnivora murni yang hanya mengkonsumsi daging dan tidak pernah memakan sayuran. Oleh karena itu, berilah makanan kusus kucing yang dapat melengkapi nutrisi gizi kucing kamu sehingga tumbuh kembang kucing kamu dapat berjalan dengan baik.

5. Berikan perhatian untuk kucing kamu

berikan perhatian pada kucing

berikan perhatian pada kucing

Sama halnya dengan manusia, kucing juga membutuhkan perhatian dari sang majikan. Perhatian yang kamu berikan dapat berupa kasih sayang dan juga sentuhan-sentuhan pada kucing. Hal tersebut akan menjalin hubungan emosional yang erat antara kamu dan kucing yang kamu pelihara. Dengan perhatian yang cukup, maka kucing kamu juga akan memiliki psikologis yang baik sehingga dapat terus aktif dan tidak mudah jenuh.

6. Sediakan litter box

litter box kucing

litter box kucing

Yang terakhir, jangan lupa sediakan litter box atau pasir tempat pembuangan pup dan kencing kucing. Hal ini cukup penting untuk menjaga kebersihan lingkungan kamu dan kucing. Segera bersihkan litter box seusai kucing pup atau pun kencing, hal tersebut perlu dilakukan agar kucing tidak pup ditempat lain. Jika kamu memiliki satu kucing, idealnya harus ada dua litter box. Satu untuk pup dan yang satunya lagi untuk kencing kucing kamu.

Demikian lah tips-tips mengenai perawatan dan jenis-jenis kucing Persia yang perlu kamu ketahui. Jika kamu sedang ingin memelihara kucing, ada baiknya kamu membaca informasi ini dan pahami dulu konsekuensi yang harus kamu jalankan. Semoga informasi ini bermanfaat. Salam cat lovers!

Sumber gambar : images.google.com

1
LoveLove
1
HeartHeart
0
HahaHaha
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

cindar

Cindar merupakan seorang pecinta kucing sekaligus peternak kucing ras dan domestik, cat is a good friend.