data-ad-slot="5264608092"> ->
data-ad-slot="5264608092"> ->
Loading Posts...

Penyakit pada kucing persia

Penyakit pada kucing persia
Penyakit pada kucing persia

Ada banyak penyakit pada kucing Persia yang sangat rentan menyerang kucing kamu. Apalagi, kalau sistem anti body kucing kamu sangat lemah, sudah pasti ia akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Nah, oleh karena itu setidaknya kamu perlu ketahui penyakit apa saja yang bisa menyerang kucing Persia kamu sewaktu waktu dan pahami juga gejalanya.

Salah satu penyakit pada kucing Persia dan jenis kucing lain-nya yang perlu kamu waspadai adalah parasit, secara definitif, parasit adalah sebuah organisme yang hidup pada organisme lain dengan tujuan untuk mendapatkan makanan sebagai modal untuk bertahan hidup. Parasit tentu saja sangat merugikan bagi hewan atau pun manusia yang ditumpanginya karena akan menurunkan kualitas hidup organisme tersebut.

Ada berapa macam parasit?

Ada dua macam parasit yang biasanya menyerang manusia dan hewan, yakni parasit yang menyerang pada bagian dalam tubuh dikenal dengan endoparasit adapun parasit yang menyerang bagian luar tubuh disebut dengan ektoparasit

Parasit apa yang dapat menyerang kucing?

Kucing dapat terserang oleh parasit, baik endoparasit maupun ektoparasit.

Menurut proplan.co.id, ektoparasit yang sering menyerang kucing adalah pinjal (flea), kutu (lice), tungau (mite), dan jarang oleh caplak (tick). Tungau yang sering menyerang kucing dan sangat merugikan adalah Otodectes, Sarcoptes, Notoedres, Chey­letiella, dan jarang oleh Demodex.

Pinjal banyak ditemukan pada ku­cing, hampir semua kucing yang di­biarkan hidup di luar rumah selalu dite­mukan pinjal di rambutnya. Pin­jal hidup di permukaan tubuh kucing, pinjal dewasa dan bertelur di kulit, menghisap darah kucing. Telur dapat jatuh ke lingkungan, sehingga pemberantasan pinjal pada kucing juga harus dipikirkan juga memberantas pinjal yang ada di lingkungan sekitar kucing.

Beberapa kucing tidak menunjukkan gejala yang menyolok ketika ada pinjal dalam tubuhnya. Namun beberapa kucing dapat menyebabkan reaksi iritasi yang berlebihan, rambut rontok, dan terjadi keradangan hebat, yang selanjutnya diikuti infeksi sekunder bakteri, keparahan tergantung pada sensitivitas individual dari kucing. Kucing yang terserang pinjal harus segera diobati, untuk menghindari problema merugikan lainnya yang disebabkan oleh pinjal.

Baca juga : kenapa bulu kucing rontok

Endoparasit yang sering menyerang kucing adalah berbagai macam cacing, termasuk cacing gilig dan cacing pita. Cacing gilig adalah cacing berbentuk gilig dengan berbagai ukuran seperti Ancylostoma dan Toxocara yang ba­nyak menyerang saluran pencernaan utamnya di usus pada kucing, dan juga anjing. Masih banyak cacing lainnya yang dapat menyerang berbagai organ kucing seperti jantung, paru-paru, ginjal dan lain-lain. Selain cacing gilig, penyakit pada kucing Persia seperti cacing pita juga sering menyerang pa­da kucing, cacing pita yang sering menyerang kucing adalah Dipylidium sp.

Cacing sangat merugikan kucing, karena cacing di dalam tubuh kucing akan memakan sari-sari makanan yang ada di dalam usus, dan juga dapat merusak dinding usus, sehingga selain gizi diambil oleh cacing sehingga lama-lama kucing menjadi kurus dan anemia. Cacing Ancylostoma menyebabkan kerusakan usus kucing, menyebabkan perdarahan, dan dapat menyebabkan anemia.

Untuk mengobati kucing yang terserang parasit kamu dapat mengobatinya dengan cara memberi obat cacing. Jika kamu ragu, sebaiknya kamu mengkonsultasikan hal ini ke dokter hewan terlebih dahulu agar mendapat penanganan yang tepat.

Agar kucing terhindar dari serangan endoparasit dan ektoparasit pemilik kucing harus memerhatikan kesehatan kucing dan lingkungan yang dihuni oleh kucing tersebut. Berikanlah kucing kamu makanan dengan kualitas yang baik, perawatan atau grooming secara rutin dan pemberian obat cacing secara berkala agar terhindar dari serangan cacing jahat. Dengan memandikan kucing secara teratur, penyakit pada kucing Persia seperti ektoparasit dengan sendirinya akan menjauh. Selain itu, kasih sayang dari pemilik kucing juga sangat diperlukan, karna kucing akan merasa bahagia dengan kasih sayang yang dicurahkan dari sang majikan.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

cindar

Cindar merupakan seorang pecinta kucing sekaligus peternak kucing ras dan domestik, cat is a good friend.