data-ad-slot="5264608092"> ->
data-ad-slot="5264608092"> ->
Loading Posts...

Tips Perawatan Kucing Persia Peaknose

kucing persia peaknose
kucing persia peaknose

Kucing persia merupakan kucing yang pertama kali ditemukan di Persia, Iran dan dikembangkan di Amerika dan Inggris setelah perang dunia kedua. Kucing yang terkenal dengan ciri hidung yang pesek dan wajah bulat serta bulu yang cukup panjang ini terbagi menjadi beberapa jenis. Jenis kucing persia yaitu: persia himalaya, persia flatnose, persia medium dan persia peaknose. Diantara jenis kucing tersebut yang paling mahal adalah jenis kucing persia peaknose.

Persia peaknose memiliki ciri-ciri seperti memiliki tubuh yang gemuk, hidung pesek dibandingkan jenis kucing persia yang lainnya sehingga tidak jarang jika jenis kucing persia ini diikutsertakan dalam kontes kucing yang diselenggarakan oleh para pecinta kucing. Persia peaknose merupakan jenis kucing persia yang memiliki harga termahal diantara kucing persia lainnya. Harga untuk anakan yang baru berumur 3 bulan dapat mencapai Rp 5 jutaan. Hal yang menarik dari jenis kucing ini adalah semakin pesek hidung kucing persia maka harganya juga akan menjadi semakin lebih mahal.

persia peaknose

persia peaknose

Perawatan kucing persia tidak dapat dilakukan sembarangan karena jenis kucing ini memiliki bulu yang lumayan panjang jika dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Karena hal tersebut membuat kucing persia menjadi lebih rentan terkena debu sehingga akan membuat bulunya menjadi tidak menarik dan kusut terutama untuk jenis persia peaknose yang memiliki bulu selembut sutra. Langkah awal untuk merawatnya adalah Anda harus selalu menyisir atau menyikat bulu kucing persia setiap hari terutama jika bulu kucing persia Anda termasuk bulu yang panjang.

Fungsi dari menyisir bulu kucing persia termasuk jenis peaknose adalah agar bulunya terlihat lebih rapi dan indah serta tidak ada yang menggumpal. Bulu yang menggumpal tersebut tidak hanya akan menjadi penyebab kerontokan bulu namun juga dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi kucing persia yang Anda miliki. Anda dapat menyeka bulu kucing persia termasuk kucing persia peaknose dengan menggunakan tisu bayi sehingga bulu dapat terbebas dari debu yang menempel.

Tidak hanya membersihkan bulunya, namun Anda juga harus membersihkan telinga kucing yang dapat menjadi sarang kuman dan bakteri yang tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan kucing Anda namun juga Anda sendiri. Caranya yaitu:

  • Siapkan cotton butt, jika perlu tambahkan baby oil.

  • Masukkan secara perlahan ke dalam telinga kucing dan jangan sampai telinga terluka.

  • Jika Anda tidak memiliki baby oil, Anda dapat membeli cairan khusus di toko hewan.

Kucing peaknose

Kucing peaknose

Selanjutnya adalah dengan memotong kuku kucing persia Anda jika sudah mulai memanjang. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan kucing karena dapat menjadi sarang kuman dan bakteri, namun juga dapat dipergunakan untuk mempercantik kucing Anda. Alat pemotong kuku tidak sama dengan yang biasa Anda gunakan, walaupun dapat menjadi alternatif untuk memotong kuku, karena harus menggunakan alat khusus untuk kuku kucing.

Jangan lupa untuk selalu memberikan kucing vitamin secara berkala terutama untuk jenis persia Peaknose yang hendak Anda ikut sertakan dalam kontes kucing. Dengan vitamin tersebut dapat membuat bulu kucing Anda menjadi lebih cantik, menjaga kesehatan kucing dan untuk meningkatkan nafsu makan kucing. Selain cara perawatan tersebut, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar persia Peaknose tetap menawan.

Hal-hal yang harus dilakukan dan diperhatikan jika Anda memiliki jenis kucing persia Peaknose yaitu:

  • Jika bulu kucing persia Anda sudah terlanjur kusut, sebaiknya meminta bantuan dari profesional sehingga tidak menyebabkan masalah tertentu misalnya masalah kesehatan untuk kucing.

  • Ketika Anda berada di petshop, sebaiknya lakukan mandi khusus jamur sehingga bulu dan kesehatan kucing peaknose Anda menjadi lebih maksimal.

  • Jangan lupa untuk selalu mengecek keadaan kucing Anda dan sebaiknya dilakukan 3 bulan sekali. Sehingga Anda dapat mengetahui masalah kesehatan seperti penyakit paru-paru dan ginjal yang dapat menyerang persia peaknose.

  • Jangan lupa untuk melakukan vaksinasi terutama bagi anak persia peaknose yang baru lahir.

  • Selalu menjaga kebersihan kandang terutama tempat untuk pembuangan kotoran.

  • Jangan lupa untuk selalu menyempatkan diri untuk bermain dengan kucing persia Anda sehingga kucing tetap aktif, berat badan terjaga dan tidak jenuh sehingga kesehatan juga terjaga.

2
HeartHeart
1
PoopPoop
1
YayYay
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
SadSad
0
AngryAngry
Voted Thanks!

cindar

Cindar merupakan seorang pecinta kucing sekaligus peternak kucing ras dan domestik, cat is a good friend.